2.4.13

Pendekatan Sistem Penilaian


Penilaian Acuan Patokan (PAP) atau disebut juga sebagai penilai norma absolut. Dimana pendekatan ini melakukan penilaian dengan membandingkan hasil yang diperoleh peserta didik dengan sebuah patokan atau kriteria yang telah ditetapkan guru secara mutlak atau absolut. Guru yang akan menggunakan PAP sudah dapat menyusun pedoman konversi skor menjadi skor standar yang akan dijadikan patokan, sebelum kegiatan evaluasi dimulai.

Penilaian Acuan Norma (PAN) adalah pendekatan penilaian dengan membandingkan skor setiap peserta didik dengan teman satu kelasnya. Nilai angka maupun kualifikasi yang didapat dari pendekatan penilaian ini bersifat relatif. Sehingga pedoman konversi skor yang disusun untuk suatu kelompok tidak berlaku untuk kelompok yang lain, karena distribusi skor peserta didik sudah berbeda.

Pendekatan manakah yang lebih cocok digunakan untuk kriteria kelulusan siswa di sekolah?

Sedangkan yang lebih cocok digunakan untuk kriteria kelulusan siswa di sekolah adalah Penilaian Acuan Patokan (PAP). Karena pendekatan ini dapat menggambarkan hasil belajar secara objektif apabila menggunakan alat ukur standar, hasil pengukuran pendekatan ini dapat dipertahankan ketetapannya dari waktu ke waktu dalam kelompok yang sama atau berbeda. 

Guru yang sudah melakukan langkah-langkah untuk menentukan skor ideal, mencari rata-rata dan simpangan baku ideal, kemudian menggunakan pedoman konversi skala nilai akan menghasilkan patokan sebagai acuan ideal untuk hasil belajar peserta didik sebagai syarat kelulusan.